Sekilas Tentang Blog

Senin, 22 September 2008

Sudah merupakan hal yang biasa jika saya bertanya tentang blog. Tetapi apa salahnya jika kita tahu awal mula diciptakannya blog.

Penggunaan istilah “weblog” pertama kali digunakan oleh John Berger pada tahun 1997. Pada bulan Mei 1999, Peter Merholz mengubah nama itu tetapi tetap menggunakan karakter yang sama. Dia mengubahnya menjadi “we blog”. Dia juga yang memperkenalkan kata “blog”. Setelah itu, kata ini menjadi kata dunia yang diterima oleh masyarakat global.


Salah satu situs blogging yang pertama adalah Xanga. Xanga memiliki 100 orang bloggers pada tahun 1997, yang secara mengejutkan berubah menjadi 50 juta di akhir tahun 2005. Orang-orang mulai menggunakan blog secara global di tahun 1999. Blogging mulai menular di mana-mana. Evan Williams dan Meg Hourihan dari Pyra Labs, membuat alat blog mereka sendiri yang bernama “Blogger”.

Dengan semua orang dapat memulai blogger hanya dalam hitungan menit. Keseluruhan system blogger ini gratis dan sangat mengejutkan. Secara mengejutkan pula, Google membeli jasa Blogger ini di tahun 2004. Blogger masih tetap gratis, tetapi di bawah nama Google. Kata-kata “weblog”, “weblogging”, dan “webblogger” telah di masukkan ke dalam Oxford Dictionary pada bulan Maret 2003. Ini menandakan keseriusan dunia akan suatu kata yang bernama “blog”

Jika ada tanggapan atau kritik silahkan mengirimkan komentar.

Label:

0 komentar: